KAJIAN SASTRA ANAK: NILAI PERSONAL DALAM BUKU KISAH MENAKJUBKAN BINATANG DALAM AL-QUR'AN SERTA IMPLIKASINYA DALAM MATERI BUKU FIKSI DAN NONFIKSI DI SMP FASE D

Zahro, Fathimah (2025) KAJIAN SASTRA ANAK: NILAI PERSONAL DALAM BUKU KISAH MENAKJUBKAN BINATANG DALAM AL-QUR'AN SERTA IMPLIKASINYA DALAM MATERI BUKU FIKSI DAN NONFIKSI DI SMP FASE D. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100020_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Kata Kunci: Sastra Anak, Nilai Personal, Buku Kisah Menakjubkan Binatang dalam AlQur'an, Implikasi Nilai personal merupakan salah satu objek kajian sastra anak, dalam hal ini berupa buku cerita sebagai suatu karya sastra yang berkontribusi bagi personalitas anak dan juga berkontribusi dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) wujud nilai personal yang terkandung dalam buku sastra anak Kisah Menakjubkan Binatang dalam Al-Qur'an karya Aan Wulandari Usman, 2) implikasi buku sastra anak Kisah Menakjubkan Binatang dalam Al-Qur'an dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi buku fiksi dan nonfiksi elemen menyimak di SMP fase D. Metode deskriptif kualitatif dimanfaatkan sebagai metode penelitian ini. Penelitian ini mengkaji nilai personal yang terkandung dalam buku Kisah Menakjubkan Binatang dalam AlQur'an dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Burhan Nurgiyantoro. Nilai personal tersebut terdiri dari lima aspek, yaitu emosional, intelektual, imajinasi, rasa sosial, serta etis dan religius. Nilai personal yang ditemukan dalam buku sejumlah 167 kutipan. Nilai emosional sebanyak 32 kutipan, nilai intelektual sebanyak 40 kutipan, nilai imajinasi sebanyak 22 kutipan, nilai rasa sosial sebanyak 18 kutipan, serta nilai yang paling dominan yaitu nilai etis dan religius sejumlah 55 kutipan. Nilai-nilai tersebut berperan penting dalam membentuk kepribadian anak supaya mereka tumbuh menjadi individu yang berkarakter baik, cerdas, berwawasan luas, dan memiliki kesadaran religius yang kuat. Selain nilai personal yang ditemukan, buku Kisah Menakjubkan Binatang dalam Al-Qur'an karya Aan Wulandari Usman ini juga layak dijadikan sebagai bahan pembelajaran di SMP. Implikasi buku Kisah Menakjubkan Binatang dalam Al-Qur'an dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat diwujudkan dalam bentuk peta cerita dan kuis interaktif. Peta cerita dimanfaatkan untuk memudahkan siswa memahami dan menganalisis informasi yang termuat melalui rangkaian unsur-unsur cerita yang terstruktur, sedangkan kuis interaktif digunakan untuk menguji pemahaman dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sehingga buku sastra anak ini tidak hanya memberikan manfaat dalam aspek personalitas anak, tetapi juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan memahami teks sastra di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40419

Actions (login required)

View Item View Item