PRIORITAS PENANGANAN PEMELIHARAAN JALAN BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN (Studi Kasus: Ruas Jalan Gebang Ilir – Waled Cirebon Panjang 10,5 KM dan Lebar 5-7 M)

NURYAMAN, ASEP (2025) PRIORITAS PENANGANAN PEMELIHARAAN JALAN BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN (Studi Kasus: Ruas Jalan Gebang Ilir – Waled Cirebon Panjang 10,5 KM dan Lebar 5-7 M). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202300065_fullpdf.pdf

Download (16MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202300065_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)

Abstract

Cirebon merupakan daerah yang strategis, sehingga sarana jalan sangat penting untuk diperhatikan. Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang berperan penting dalam sektor perhubungan darat guna mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah terkait. Tingginya arus lalu lintas akibat volume kendaraan tinggi serta volume muatan berlebih mengakibatkan kerusakan pada perkerasan jalan. Kondisi Jalan Kabupaten Cirebon khususnya Ruas Jalan Gebang Ilir – Waled sepanjang 10,5 Km mengalami penurunan yang mengharuskan dilakukannya pemeliharaan. Namun, kegiatan pemeliharaan terhambat dengan keterbatasan dana anggaran. Maka perlu adanya kajian mengenai prioritas penanganan pemeliharaan jalan di Ruas Jalan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urutan prioritas penanganan pemeliharaan jalan berdasarkan tingkat kerusakan untuk menilai kondisi kerusakan yang ada serta memberikan alternatif pada penanganan yang sesuai. Penelitian dimulai dari tahap survei lokasi, pengumpulan data, menganalisis dengan metode PCI dan metode Bina Marga serta menentukan Program Pemeliharaan Jalan. Dari hasil analisa didapatkan hasil bahwa kerusakan di Ruas Jalan Gebang Ilir – Waled di sebabkan oleh sistem drainase dan lapisan permukaan jalan yang tipis. Metode PCI menyatakan bahwa kondisi perkerasan jalan diangka 48 yang artinya cukup (fair). Urutan prioritas penanganan pemeliharaan jalan menunjukan bahwa penanganan pemeliharaan dimulai dari ruas jalan dengan kondisi kerusakan paling berat di STA 008 + 600 s.d 008 + 700 sampai ruas jalan dengan kondisi baik di STA 000 + 300 s.d 000 + 400. Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Bina Marga

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 08:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40415

Actions (login required)

View Item View Item