ALEGORI DALAM KOMIK WEBTOON “NGOPI, YUK!” KARYA ASSYIFA S. ARUM DAN ROMY HERNADI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS NARASI KELAS 7 FASE C

Rohman, Muhamad Nasrur (2025) ALEGORI DALAM KOMIK WEBTOON “NGOPI, YUK!” KARYA ASSYIFA S. ARUM DAN ROMY HERNADI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS NARASI KELAS 7 FASE C. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000019_fullpdf.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: alegori, webtoon, Ngopi, Yuk!, pembelajaran membaca, teks narasi Perkembangan teknologi telah mengubah penyajian sastra, salah satunya melalui Webtoon. Komik Ngopi, Yuk! karya Assyifa S. Arum dan Romy Hernadi tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga mengandung alegori yang menyampaikan pesan moral dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan makna alegori dalam Ngopi, Yuk! serta implementasinya dalam pembelajaran membaca teks narasi kelas 7 fase C. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika. Hasil penelitian menunjukkan adanya 40 alegori dalam komik ini, terdiri dari alegori hewan, tumbuhan, benda, dan manusia. Alegori digunakan untuk menyampaikan kritik sosial dan refleksi kehidupan sehari-hari. Implementasi dalam pembelajaran membaca teks narasi membantu siswa memahami pesan tersirat dalam teks. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa komik Webtoon Ngopi, Yuk! mengandung unsur alegori yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dalam memahami teks narasi. Pemanfaatan Webtoon dalam pendidikan juga berpotensi meningkatkan minat baca dan apresiasi siswa terhadap karya sastra digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40414

Actions (login required)

View Item View Item