BIAYA PROMOSI DAN PRODUKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN SIZE PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Susanti, Angelita Cesariani (2024) BIAYA PROMOSI DAN PRODUKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN SIZE PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300389_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300389_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel biaya promosi dan biaya produksi terhadap kinerja perusahaan melalui indikator Return On Asset (ROA). Selain itu penelitian ini juga menguji adanya variabel size perusahaan sebagai variabel moderasi terhadap hubungan dari biaya promosi dengan kinerja perusahaan. Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data pada perusahaan yang tercatat di BEI khususnya sektor farmasi periode 2021-2023. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi data panel dan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan bantuan software Eviews. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan memberikan hasil bahwa biaya promosi dan biaya produksi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan untuk variabel size perusahaan juga mendapatkan hasil bahwa size perusahaan dapat memoderasi pengaruh dari biaya promosi terhadap kinerja perusahaan. Kata Kunci: Kinerja, Kinerja Perusahaan, Biaya Promosi, Biaya Produksi, ROA, Size Perusahaan,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40411

Actions (login required)

View Item View Item