MAKNA KATA AFIKSASI VERBA DALAM NOVEL ISLAMMU ADALAH MAHARKU DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS IX SMP

Nafi’ah, Maulin (2025) MAKNA KATA AFIKSASI VERBA DALAM NOVEL ISLAMMU ADALAH MAHARKU DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS IX SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101800023_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101800023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)

Abstract

Kata kunci: makna kata, afiksasi, novel, dan relevansi pembelajaran Saat ini penggunaan kosa kata banyak ragamnya dan bermacam-macam, selain itu pengaruh dari berbagai macam bahasa tidak menutup kemungkinan menyebabkan terjadinya pembentukan kata. Proses pembentukan kata dapat dilakukan dengan menambahkan afiks pada kata dasar, proses penambahan afiks pada kata dasar atau proses pembentukan kata melalui afiksasi dapat mengubah makna dan kelas kata. Afiksasi yang tidak tepat dapat mengubah makna dan kalimat menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, afiksasi sangat penting dan memerlukan ketelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beragam bentuk kata berafiks dan maknya, proses morfologi dalam pembentukan afiks dan sumber penelitian data ini adalah novel Islammu Adalah Maharku karya Ario Muhammad, P. hD. Metode penelitian yang digunakan berupa metode deskriptif kualitatif, yang dimana metode penelitian ini memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif kerap digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial, teknik pengumpulan data berupa teknik analisis data. Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh beberapa bentuk kata berafiksasi yaitu seperti prefiks ber-, men, dan ter, lalu konfiks menkan, di-kan, men-I, sufiks-I, sufiks-u, sufiks-kan dan hasilnya yaitu prefiks ber- diperoleh data 7, prefik ter- diperoleh data 12, prefiks men- diperoleh data 6, prefiks meng- diperoleh 1, sedangkan konfiks men-kan diperoleh 12 data, konfiks di-kan diperoleh 1 data, konfiks men-I diperoleh 8 data, sedangkan sufiks dipeoleh sufiks-I diperoleh 2 data, sufiks –u diperoleh 1 data dan sufiks –kan diperoleh 2 data, kemudian data infiks diperoleh infiks –el- diperoleh 2 data, infiks –em- diperoleh 1 data, infiks –er- diperoleh 1 data. Hasil dari penelitian ini direlevansikan dalam pembelajaran menulis Teks Prosedur kelas IX SMP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40404

Actions (login required)

View Item View Item