ANALISIS STRATEGI CYBER PUBLIC RELATION BENGKEL SINAR BARITO (SITO) MAJAPAHIT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SPARE PART DAN PERAWATAN SERVICE MOBIL

Meilani, Puput (2025) ANALISIS STRATEGI CYBER PUBLIC RELATION BENGKEL SINAR BARITO (SITO) MAJAPAHIT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SPARE PART DAN PERAWATAN SERVICE MOBIL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100079_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di era digital saat ini, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci utama dalam persaingan bisnis, salah satunya di dalam industri otomotif. Bengkel Sinar Barito (SITO) sebagai salah satu bengkel mobil di Semarang menghadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan produk spare part dan layanan perawatan service mobil di tengah persaingan yang semakin ketat. Untuk menghadapi tantangan tersebut, perusahaan menggunakan strategi Cyber Public Relation untuk membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek melalui media digital, dan meningkatkan penjualan produk spare part dan perawatan service mobil.Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengetahui strategi Cyber Public Relation Bengkel Sinar Barito (SITO) Cabang Majapahit dalam meningkatkan penjualan produk spare part dan perawatan service mobil. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma kontruktivisme. Jenis data yang digunakan yaitu data primer menggunakan metode wawancara secara mendalam dengan 2 informan yaitu social media spesialist dan service advisor, data sekunder yang diperoleh melalui buku, jurnal, dan skripsi yang terkait di internet. Penelitian menggunakan teori Three Ways Strategy dan Excellence Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Cyber Public Relation yang diterapkan Bengkel Sinar Barito melibatkan berbagai platform digital seperti Instagram, TikTok, WhatsApp, Website, dan Google review . Bengkel Sinar Barito memanfaatkan media sosial Instagram dan Tiktok untuk menciptakan konten edukasi, konten teknis mekanik, dan konten entertain untuk menarik perhatian pelanggan. Sinar Barito selalu menerapkan komunikasi cepat dan personal menggunakan WhatsApp melalui kegiatan follow up, reminder service, after sales, dan promosi menggunakan fitur WhatsApp blast, selanjutnya media Website sebagai media layanan untuk booking online , Kemudian untuk mengelola review positif dan negatif pelanggan Sinar Barito menggunakan google review. Maka dari itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku industri otomotif dalam mengoptimalkan strategi Cyber Public Relation untuk meningkatkan persaingan di era digital. Kata kunci : Strategi Cyber Public Relation,Penjualan,Bengkel Mobil Modern

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40399

Actions (login required)

View Item View Item