ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PARODI NETFLIX SERIAL “AVATAR: THE LAST AIRBENDER” DI MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SALAH SATU SARANA PENJUALAN AKUN NETFLIX MENGGUNAKAN EPIC MODEL

RAHMAH, MEILIA ARFIANA BAQI (2024) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PARODI NETFLIX SERIAL “AVATAR: THE LAST AIRBENDER” DI MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SALAH SATU SARANA PENJUALAN AKUN NETFLIX MENGGUNAKAN EPIC MODEL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100056_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Serial “Avatar: The Last Airbender” yang di unggah oleh Netflix Indonesia (@netlixid) di media sosial Tiktok pada 22 februari 2024 dan memberikan insight yang sangat tinggi dengan jumlah penonton yaitu 57,3 juta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Iklan parodi Netflix Serial “Avatar: The Last Airbender” di media sosial Tiktok sebagai sarana penjualan akun Netflix menggunakan EPIC model. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Terpaan Iklan digunakan untuk menjelaskan bagaimana paparan terhadap suatu iklan dapat mempengaruhi sikap dan keputusan penonton untuk menonton konten yang diiklankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan penonton iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan parodi ini efektif dalam meningkatkan minat menonton, dengan nilai rata-rata efektivitas sebesar 3,77. Dengan masing-masing dimensi memperoleh skor: Empathy (3,898), Persuasion (3,350), Impact (3,805), dan Communication (4,023). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa semua dimensi secara simultan berpengaruh terhadap minat menonton. Temuan ini memberikan wawasan bagi Netflix Indonesia dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif melalui media sosial, khususnya dengan memanfaatkan konsep iklan parodi yang menarik dan relevan bagi audiens. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang komunikasi pemasaran. Kata kunci: Efektivitas iklan, Parodi, Tiktok, EPIC model, Minat menonton

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40395

Actions (login required)

View Item View Item