ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TIKTOK KOPI ABC VERSI IQBAAL RAMADHAN X ECA AURA “SAAT AKU BUTUH KOPI YA KOPI ABC” DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS TIKTOK @kopiabc.id

Istifara, Lutfiana Diah (2025) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TIKTOK KOPI ABC VERSI IQBAAL RAMADHAN X ECA AURA “SAAT AKU BUTUH KOPI YA KOPI ABC” DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS TIKTOK @kopiabc.id. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100051_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100051_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam strategi pemasaran, termasuk dalam industri kopi instan. Menghadapi persaingan ketat di industri ini mendorong PT Santos Jaya Abadi berinovasi dalam mempromosikan produknya melalui iklan di platform media sosial TikTok. Pada tanggal 25 September 2024, Kopi ABC meluncurkan iklan versi terbaru "Saat Aku Butuh Kopi Ya Kopi ABC" yang berhasil memperoleh jumlah viewers mencapai 34,9 juta di TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas iklan Tiktok Kopi ABC versi Iqbaal Ramadhan X Eca Aura “Saat Aku Butuh Kopi Ya Kopi ABC” dengan pendekatan EPIC Model berpengaruh terhadap minat beli followers TikTok @kopiabc.id. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah EPIC Model dari AC Nielsen yang mengukur efektivitas iklan berdasarkan empat dimensi utama, yaitu Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan followers akun TikTok @kopiabc.id yang terpapar iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan TikTok Kopi ABC terbukti efektif berpengaruh terhadap minat beli followers. Masing-masing dimensi dalam EPIC Model memperoleh skor sebagai berikut: Empathy sebesar 4,25, Persuasion 4,23, Impact 4,03, dan Communication 4,09, dengan rata – rata skor keseluruhan sebesar 4,15 yang masuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil uji hipotesis, keempat dimensi tersebut berpengaruh terhadap minat beli secara simultan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih inovatif, khususnya dalam meningkatkan dimensi Impact agar memperoleh efektivitas yang lebih optimal. Kata Kunci : Efektivitas, Empathy, Persuasion, Impact, Communication

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2025 04:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40390

Actions (login required)

View Item View Item