Liviana, Liviana (2025) MODEL KINERJA SDM BERBASIS KUALITAS PELATIHAN, ETIKA PELAYANAN, DAN KOMPETENSI SDM PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SEMARANG TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300374_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300374_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kualitas pelatihan, etika pelayanan, dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja SDM di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Timur. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan populasi yang terdiri dari seluruh pegawai kantor tersebut sebanyak 95 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode sensus, sehingga seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan skala interval dengan rentang skor 1 hingga 5. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap etika pelayanan, kompetensi SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM dan etika pelayanan, serta etika pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan dan penguatan etika pelayanan untuk meningkatkan kinerja SDM. Kata Kunci : Kualitas pelatihan; Kompetensi SDM; Etika Pelayanan; Kinerja SDM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 May 2025 04:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |