ANALISIS METODE PELAKSANAAN STRUKTUR ATAS SLAB ON PILE PADA PROYEK TOL KAMAL – TELUKNAGA – RAJEG SEKSI 1 DENGAN PENDEKATAN VALUE ENGINEERING

PRIHANANTO, ICHWAN (2025) ANALISIS METODE PELAKSANAAN STRUKTUR ATAS SLAB ON PILE PADA PROYEK TOL KAMAL – TELUKNAGA – RAJEG SEKSI 1 DENGAN PENDEKATAN VALUE ENGINEERING. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202300015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202300015_fullpdf.pdf

Download (24MB)

Abstract

Pembangunan Jalan Tol Kamal – Teluknaga – Rajeg khususnya Seksi 1 (Ruas Tol Sedyatmo sd Kosambi) meliputi pembangunan jalan tol sepanjang 6,7 KM. Total rencana anggaran biaya untuk pembangunan proyek ini diperkirakan senilai Rp. 1.570.000.000.000,00. Waktu pelaksanaan proyek tergolong sangat singkat yaitu 1,5 tahun. Salah satu major item pada proyek ini adalah struktur slab on pile dengan bobot pekerjaan sekitar 21%. Area ROW pada lokasi proyek terbatas dan waktu pelaksanaan yang singkat sehingga diperlukan alternatif desain selain menggunakan metode pekerjaan cast in site. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mendapatkan alternatif metode pelaksanaan yang dapat digunakan pada bangunan slab on pile serta memahami seberapa besar efisiensi biaya konstruksi dan waktu pelaksanaan yang dapat dicapai dari value engineering. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara deduktif - induktif yang berdasarkan pada landasan teori, pandangan para expert, atau-pengalaman oleh peneliti guna merumuskan masalah dan solusinya. Pemodelan studi ini diperlukan untuk menganalisis kekuatan struktur slab on pile pada tanah lunak. Pada penelitian ini akan mencari alternatif metode pelaksanaan slab on pile, dimana pada Detail Engineering Design struktur slab on pile menggunakan metode cast in site. Beberapa alternatif yang diajukan yaitu dengan half slab precast dan full slab precast. Selanjutnya-hasil-Value-Engineering akan-dibandingkan-nilai-dari- biaya konstruksi dan waktu pelaksanaan antara metode pelaksanaan awal dengan alternatif metode pelaksanaan half slab dan full slab berdasarkan hasil analisis value engineering. Berdasarkan analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa alternatif metode pelaksanaan yang dapat diterapkan pada struktur slab on pile proyek pembangunan Jalan Tol Kamal – Teluknaga – Rajeg Seksi 1adalah struktur atas slab on pile dengan half slab precast dan full slab precast. Penerapan value engineering dengan metode half slab precast terjadi efisiensi biaya konstruksi sebesar 12,65% dan waktu pelaksanaan sebesar 22,98% dari metode cast in site. Sedangkan dengan metode full slab precast terjadi efisiensi biaya konstruksi sebesar 12,37% dan waktu pelaksanaan sebesar 35,65% dari metode cast in site. Kata kunci : Jalan tol, slab on pile, value engineering

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 08:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40379

Actions (login required)

View Item View Item