Ismawati, Euis Nur (2025) STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PROGRAM “SORE CERIA” PRO2 FM LPP RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) PADA PENDENGAR RADIO GENERASI Z. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100036_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100036_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
Abstract
Program sore ceria merupakan program yang disiarkan oleh PRO2 FM LPP Radio Republik Indonesia (RRI) untuk generasi Z. Di tengah kompetisi yang ketat diantara media digital, program “Sore Ceria” harus mampu bertahan dan mencari inovasi baru agar tetap tumbuh dan maju. Sehingga, dibutuhkan strategi Segmenting, Targeting dan Positioning yang tepat agar bisa mencapai target audiens yang diharapkan dan menonjolkan hal beda (Differentiation) yangtidak dimiliki oleh program acara radio lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning yang dilakukan oleh Program “Sore Ceria” dari PRO2 FM LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang pada pendengar Radio Generasi Z. Menggunakan Teori Niche atau Teori Ekologi Media yang menganalogikan bahwa fenomena kompetisi antara industri media sebagai suatu proses ekologis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan dua informan dari RRI Pro2 Semarang.. Implementasi strategi segmenting program sore ceria menggunakan pendekatan berbasis data dan interaksi langsung dengan audiens. Strategi lainnya adalah membagi segmen berdasarkan minat audiens. Dalam strategi Targeting, selain menjadikan Gen Z sebagai fokus utama, program sore ceria juga membuka ruang bagi audiens lain seperti generasi milenial muda untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan menggunakan strategi multiplatform, program sore ceria bisa menjangkau audiensnya dan memungkinkan audiens bisa menikmati program siaran yang lebih fleksibel. Program sore ceria tidak hanya hadir di siaran radio tradisional tetapi juga hadir di podcast on-demand melalui aplikasi RRI Digital dan Instagram. Dalam strategi positioning, program sore memosisikan dirinya sebagai program yang relavan dengan gaya hidup Gen Z melalui gaya penyampaian yang santai dan interaktif. Program Sore ceria memanfaatkan keunikan pendekatannya dengan memanfaatkan fitur Music Live Request sebagai diferensiasi fitur interaksi langsung dengan audiens. Keunikan lainnya juga diperkuat dengan kolaborasi dengan influencer atau tokoh muda inspiratif yang dekat dengan Gen Z. Dengan menggabungkan berbagai elemen ini, Sore Ceria berhasil memosisikan dirinya sebagai program yang tidak hanya kompetitif tetapi juga relevan dan berkelanjutan. Penelitian hanya menggunakan satu teori, untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperdalam strategi yang digunakan menggunakan teori yang lain agar mendapatkan pemahaman yang lebih luas. Kata kunci : segmenting, targeting, positioning, niche, ekologi media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |