PERILAKU ANALISIS ASPHALT CONCRETE WEARING COARSE (AC-WC) POROUS DENGAN BAHAN TAMBAH SERAT BAJA DAN RUBBER

Surasa, Surasa (2025) PERILAKU ANALISIS ASPHALT CONCRETE WEARING COARSE (AC-WC) POROUS DENGAN BAHAN TAMBAH SERAT BAJA DAN RUBBER. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202200063_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202200063_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Jalan di Indonesia sering mengalami genangan air saat hujan, membuat jalan licin dan meningkatkan risiko kecelakaan. Perkerasan lentur dengan aspal sebagai bahan pengikat umum digunakan, tetapi memiliki keterbatasan dalam menyerap air. Aspal porus dikembangkan sebagai solusi untuk meningkatkan porositas campuran dengan menggunakan agregat kasar dan kadar pasir rendah, memungkinkan air meresap vertikal dan horizontal. Teknologi ini memiliki keunggulan seperti peningkatan tahan gelincir, pengurangan kebisingan, serta fungsi drainase yang lebih baik, yang mengurangi risiko hydroplaning saat jalan basah dan membantu menjaga keseimbangan hidrologi. Metode eksperimen dalam penelitian ini menggunakan air banjir dari Jl. Barito, Semarang Timur, agregat kasar dan halus dari AMP PT. Perwita Karya Sembung Batang, serta aspal Polimer JAP-57. Plastik LDPE ditambahkan dengan kadar 2%, 4%, 6%, 10%, dan 18% dari KAO. Agregat kasar berupa slag dari pengolahan besi di Klaten dan batu pecah digunakan dengan variasi kombinasi. Serat baja ditambahkan untuk memperkuat campuran dan mengurangi risiko retak, sementara karet digunakan untuk meningkatkan ketahanan terhadap deformasi, kinerja pada suhu rendah, dan permeabilitas campuran aspal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan rubber dan serat baja pada campuran aspal memengaruhi nilai VIM (Void in Mix), dengan peningkatan kadar menurunkan nilai VIM. Pengujian Marshall menunjukkan campuran dengan kadar rubber 0% dan 2% memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018, sementara kadar 4% dan 8% tidak. Uji permeabilitas memperlihatkan peningkatan kandungan rubber dan serat baja meningkatkan kemampuan campuran meloloskan air. Kata Kunci: Deformasi permanen, rendaman, air pasang, Asphalt Concrete Wearing Course

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 08:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40374

Actions (login required)

View Item View Item