PENGARUH KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA SDM DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI PEMEDIASI ( Studi empiric di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Timur )

Agustin, Hilma Fandari (2025) PENGARUH KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA SDM DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI PEMEDIASI ( Studi empiric di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Timur ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300371_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300371_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Employee Engagement dalam meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Timur, dengan memperhatikan pengaruh dimensi keadilan, yaitu Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, dan Keadilan Interaksional. Berdasarkan perbedaan hasil penelitian terkait peran pelatihan dalam kinerja, penelitian ini mengangkat permasalahan: "Bagaimana peran Employee Engagement meningkatkan kinerja SDM pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Timur?" Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Timur, dan sampel diambil menggunakan teknik sensus, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1 hingga 5. Untuk menganalisis data, digunakan analisis permodelan persamaan struktural (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keadilan Distributif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Engagement, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja SDM. Keadilan Prosedural dan Keadilan Interaksional keduanya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Engagement serta Kinerja SDM. Selain itu, Employee Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja SDM. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan Employee Engagement dapat meningkatkan kinerja SDM di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Timur, terutama jika didukung oleh penerapan keadilan prosedural dan interaksional yang baik. Kata Kunci: Employee Engagement; Kinerja SDM; Keadilan Distributif; Keadilan Prosedural; Keadilan Interaksional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 May 2025 04:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40371

Actions (login required)

View Item View Item