PENGARUH BRAND AMBASSADOR SHENINA CINNAMON DAN BRAND AWARENESS BARENBLISS TERHADAP PEMBELIAN PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @BARENBLISS_ID

FITRIANI, ADELARITA NOVIA (2025) PENGARUH BRAND AMBASSADOR SHENINA CINNAMON DAN BRAND AWARENESS BARENBLISS TERHADAP PEMBELIAN PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @BARENBLISS_ID. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100011_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100011_fullpdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

Industri kosmetik di Indonesia semakin kompetitif, dengan banyak brand lokal yang memilih Brand Ambassador dari Korea untuk menarik minat konsumen. Namun, Barenbliss mengambil pendekatan berbeda dengan menggunakan Brand Ambassador lokal, yaitu Shenina Cinnamon, yang lebih merepresentasikan karakter wanita Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Ambassador dan Brand Awareness Barenbliss terhadap Pembelian konsumen pada followers Instagram @barenbliss_id dengan pendekatan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner pada 100 responden dan teknik probability sampling. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda melalui aplikasi IBM SPSS untuk menguji data statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji validitas seluruh item kuesioner dinyatakan valid dengan nilai rhitung > rtabel (0,195), dan seluruh item dinyatakan reliabel dengan rhitung > rtabel (0,600). Hasil uji analisis Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa Brand Ambassador (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Pembelian (Y), dengan nilai signifikan dibawah 0,000 < 0,05. Dan terdapat pengaruh signifikan Brand Awareness Barenbliss (X2) terhadap Pembelian (Y), dengan nilai siginifikan 0,000 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Brand Ambassador Shenina Cinnamon dan penguatan Brand Awareness Barenbliss merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan Pembelian konsumen terhadap produk kosmetik Barenbliss. Keterbatasan pada penelitian ini terletak pada cakupan responden yang masih terbatas, diharapkan penelitian selanjutnya dapat melibatkan sampel yang lebih beragam agar hasilnya lebih komprehensif secara lebih luas. Kata Kunci : Brand Ambassador, Brand Awareness, Pembelian, Barenbliss

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 04:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40362

Actions (login required)

View Item View Item