IMPLEMENTASI STRATEGI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DALAM UPAYA PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

ABDI, KEZIA (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DALAM UPAYA PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300238_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300238_fullpdf1.pdf

Download (896kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pelestarian cagar budaya dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Fokus utama penelitian adalah mengidentifikasi bagaimana kualitas produk wisata dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan emosional pengunjung sebagai salah satu determinan peningkatan kunjungan wisatawan. Penelitian menggunakan model empiris dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan analisis data primer dari survei kepada pengunjung situs cagar budaya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas produk wisata dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel dependen adalah kepuasan emosional pengunjung. Pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel yang diuji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk wisata dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan emosional pengunjung. Selain itu, kepuasan emosional terbukti memediasi hubungan antara kualitas produk dan pelayanan dengan niat untuk kembali berkunjung, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Strategi pelestarian cagar budaya yang diimplementasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas destinasi wisata dan mempromosikan peningkatan kunjungan wisatawan. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kualitas produk wisata dan pelayanan yang lebih baik melalui berbagai program pelestarian dan pemasaran cagar budaya secara terintegrasi. Hal ini diharapkan mampu menciptakan pengalaman wisata yang lebih bermakna bagi pengunjung dan meningkatkan daya tarik cagar budaya sebagai destinasi wisata unggulan. Kata Kunci: Cagar Budaya, Kualitas Produk Wisata, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Emosional, Pemasaran Wisata, Kabupaten Kotawaringin Barat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 May 2025 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40262

Actions (login required)

View Item View Item