PERAN MARKETING AFFILIATE DAN LIVE STREAMING DALAM MENSTIMULUS PURCHASE INTENTION DENGAN MODERASI RELIGIOUSITY PADA GEN Z DALAM MEMBELI PRODUK KOSMETIK HALAL DI TIKTOK

PRASETIYO, VERI (2025) PERAN MARKETING AFFILIATE DAN LIVE STREAMING DALAM MENSTIMULUS PURCHASE INTENTION DENGAN MODERASI RELIGIOUSITY PADA GEN Z DALAM MEMBELI PRODUK KOSMETIK HALAL DI TIKTOK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300084_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300084_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing affiliate, live streaming, dan moderasi religiusitas terhadap purchase intention produk kosmetik halal di TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu gen Z yang berusia 15-25 tahun yang berdomisili di Semarang. Data diambil melalui kuisioner dan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik marketing affiliate maupun live streaming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin masif dan efektif kegiatan marketing affiliate dan live streaming yang dilakukan, semakin tinggi pula minat konsumen untuk membeli produk kosmetik halal. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa moderasi religiusitas memperkuat pengaruh marketing affiliate terhadap purchase intention. Konsumen dengan tingkat religiusitas yang tinggi cenderung lebih terpengaruh oleh pesan-pesan yang disampaikan melalui marketing affiliate, terutama jika pesan tersebut selaras dengan nilai-nilai religius mereka. Namun, moderasi religiusitas tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hubungan antara live streaming dan purchase intention. Temuan ini menunjukkan bahwa marketing affiliate dan live streaming merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk kosmetik halal di TikTok. Perusahaan dapat memanfaatkan kedua strategi ini untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, membangun kepercayaan, dan meningkatkan engagement. Selain itu, perusahaan juga perlu mempertimbangkan faktor religiusitas dalam merancang strategi marketing affiliate, terutama untuk menargetkan konsumen dengan tingkat religiusitas yang tinggi. Kata Kunci: Marketing Affiliate, Live Streaming, Purchase Intention, Produk Kosmetik Halal, Tiktok, Moderasi Religiusitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 May 2025 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40192

Actions (login required)

View Item View Item