PENINGKATAN USER SATISFACTION (US) MELALUI PENGEMBANGAN SERVICE QUALITY (SQ) DAN MARKETING COMMUNICATION (MC) PADA PENGGUNA LAYANAN DINAS PERUMAHAN KAWASAN PEMUKIMAN DI KOTA SEMARANG

RAFIQ MS, AUNUR (2025) PENINGKATAN USER SATISFACTION (US) MELALUI PENGEMBANGAN SERVICE QUALITY (SQ) DAN MARKETING COMMUNICATION (MC) PADA PENGGUNA LAYANAN DINAS PERUMAHAN KAWASAN PEMUKIMAN DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200065_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200065_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan user satisfaction melalui pengembangan service quality dan marketing communication pada pengguna layanan dinas perumahan kawasan pemukiman di kota semarang. Pengembangan service quality menjadi hal yang krusial dalam mendukung kepuasan pengguna, mengingat perubahan dinamis dalam kebutuhan dan harapan masyarakat. Dalam konteks Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman di Kota Semarang, peningkatan user satisfaction tidak hanya diukur dari segi kualitas layanan tetapi juga dari sejauh mana komunikasi efektif dibangun untuk memperkuat keterlibatan masyarakat dan menciptakan kepercayaan terhadap lembaga tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori, penelitian eksplanatori bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya. Subjek penelitian ini adalah pengguna layanan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Di Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Alat analisis menggunakan analisis MRA (moderated regression analysis) dengan bantuan program SPSS untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan (Tangible, Empaty, Reliability, Responsibility, Assurance), terhadap variabel User Satisfaction dengan Marketing Communication sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible, empaty, reliability, dan assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap user satisfaction. Hanya variabel responsibility yang berpengaruh signifikan terhadap user satisfaction. Marketing Communication tidak memoderasi hubungan antara service quality dan user satisfaction di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang. Kata kunci: user satisfaction, service quality, marketing communication, tangible, empaty, responsibility, reliability, dan assurance

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 May 2025 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40173

Actions (login required)

View Item View Item