PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MADRASAH ALIYAH IHYAUL ULUM WEDARIJAKSA PATI TAHUN AJARAN 2011/2012

SAUJI, MOHAMMAD (2013) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MADRASAH ALIYAH IHYAUL ULUM WEDARIJAKSA PATI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Artikel dengan judul ”Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pat i.” ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana sistem pengajaran metode diskusi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pada bidang studi Fiqih. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil analisis, penggunaan metode diskusi di gunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dan seberapa pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi belajar terutama dalam bidang studi fiqih. Dengan mengisi angket dan menjawab soal-soal serta mengetahui nilai raport, maka dapat diketahui uji validitas, anava, uji normalitas,uji homogenitas, dan kesamaan dua rata-rata. Dari hasil analisis awal pelaksanaan metode diskusi bidang studi fiqih dilihat dari hasil observasi, hasil angket peserta didik di Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pat i menunjukkan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil angket yang penulis peroleh dari sampel kelas XB dengan jumlah responden 24 orang, memiliki pandangan yang sangat baik tentang penerapan metode diskusi dengan jumlah persentase 83,33% dan mean atau nilai rata-rata 69,79. Sedangkan Hasil belajar (prestasi belajar) fiqih peserta didik termasuk ke dalam kategori “baik” dengan jumlah persentase 58,34% dan mean atau nilai ratarata 74,70 atau 75. Berdasarkan analisis uji kelinieran regresi menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara metode diskusi dengan prestasi belajar fiqih, adapun penjelasanya diperoleh dari F = 4,56 dengan harga signifikansi sebesar 0,044. Karena harga signifikansi kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa nilai F hitung yang diperoleh tersebut signifikan. Besarnya pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar fiqih di Madrsah Aliyah Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati adalah 13,4%. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dapat disampaikan adalah metode diskusi dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar. Dengan upaya dan kerja keras dari apa yang penulis sajikan semoga bisa menberi wacana dan pengalaman untuk pembaca. Mari kita berkarya untuk menyukseskan pendidikan nasional. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Diskusi, dan Peningkatan Prestasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:01
Last Modified: 07 Apr 2016 04:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item