PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK CLEANER SEPATU “MASTERLABS” MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

LUTHFIANA, NADIA TASYA AYU (2025) PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK CLEANER SEPATU “MASTERLABS” MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31602200129_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
Teknik Industri_31602200129_fullpdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masterlabs adalah nama brand produk Cleaner Sepatu seperti yang diproduksi di Kabupaten Serang. Melalui review yang diberikan oleh pelanggan, mayoritas berpendapat bahwa hasil dari produk Masterlab memiliki hasil yang maksimal. Namun, standar dari segi kualitas produk dinilai juga dari pengemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah memperbaiki desain kemasan produk sehingga akan meningkatkan kualitas dan daya tarik produk. Dalam hal ini, Quality Function Deployment (QFD) dapat mengidentifikasi atribut desain apa saja yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan agar produk memiliki kualitas yang lebih baik. Penerapan Quality Function Deployment (QFD) dapat dilakukan melalui analisa Voice of Customer (VOC) untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan dilanjutkan dengan analisa Voice of Engineering (VOE) untuk memuat kebutuhan teknis yang dapat menunjang produk. Kemudian, hubungan keduanya akan diintrepetasi melalui House of Quality (HOQ). Implementasi Quality Function Deployment (QFD) secara tepat dapat memberikan informasi secara terperinci kepada pelaku usaha Masterlab serta memberi solusi terhadap permasalahan yang ada. Berdasarkan pengolahan data, hasil penelitian diperoleh prioritas target yaitu bentuk kemasan botol silindris, bahan sticker kemasan anti air dan aman, kemasan mencantumkan panduan penggunaan, font pada desain kemasan mudah dibaca, warna tulisan pada sticker cerah dan menarik, kemasan kardus untuk cover, kemasan mencantumkan expired date, desain terdapat logo brand di tengah, kemasan mencantumkan berat bersih isi dan komposisi, dan penambahan variasi berat bersih. Voice of Customer (VOC) yang telah diperoleh diterjemahkan dalam voice of engineering (VOE) diantaranya bahan stciker menggunakan vinyl, warna tulisan kontras dengan desain, informasi produk yang dicantumkan lengkap, pemilihan jenis font menggunakan font jenis sans-serif, kemasan botol plastik putih, variasi ukuran kemasan 500 ml, desain label sticker kemasan menarik, dan kemasan hardbox laminasi. Desain kemasan baru diharapkan dapat dijadikan pertimbangan oleh pelaku usaha Masterlabs untuk dapat memperbarui kemasan dengan tujuan meningkatkan segmen pasar melalui perubahan desain kemasan yang akan menarik perhatian konsumen. Kata kunci : desain, kemasan, kualitas, QFD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jun 2025 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40017

Actions (login required)

View Item View Item