PENERAPAN TEKNOLOGI PENGEMASAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK DI UMKM BAWANG GORENG RIVANA

SYA’BANI, MOHAMMAD FAWWAZI (2025) PENERAPAN TEKNOLOGI PENGEMASAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK DI UMKM BAWANG GORENG RIVANA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31602100006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
Teknik Industri_31602100006_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat di industri makanan, terutama bagi UMKM yang masih menggunakan metode pengemasan tradisional dianggap kurang efektif dalam mempertahankan kualitas dan daya tarik produk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan proses bisnis pada UMKM Bawang Goreng Rivana dengan fokus pada inovasi kemasan guna meningkatkan daya saing produk di pasar. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD) untuk menganalisis kebutuhan dan keinginan konsumen terkait desain kemasan produk bawang goreng. Data diperoleh melalui survei dari 52 responden dan wawancara langsung dengan pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut perlindungan produk dengan skor rata-rata 4,62 dan kebersihan kemasan dengan skor rata-rata 4,83 menjadi prioritas tertinggi dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Analisis House of Quality (HoQ) mengindikasikan bahwa desain kemasan perlu meningkatkan kemampuan dalam melindungi produk dari kerusakan eksternal serta mempertahankan kerenyahan produk bawang goreng. Selain itu, gap antara kepuasan yang dirasakan dengan harapan konsumen untuk atribut harga adalah -80 dan tampilan kemasan adalah -77 menegaskan perlunya inovasi desain yang lebih menarik dan informatif. Desain kemasan baru yang diusulkan melibatkan penggunaan teknologi vacuum packaging, yang mampu menjaga produk tetap segar dengan durasi simpan lebih lama. Implementasi kemasan ini juga meningkatkan daya tarik visual melalui desain modern dan informatif. Berdasarkan perhitungan matriks QFD, atribut kebersihan dan perlindungan produk menjadi prioritas utama dengan target peningkatan pada level 5 dari skala 1-5. Desain yang lebih estetis, tahan lama, dan praktis diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk secara signifikan serta memperluas pangsa pasar UMKM Rivana di platform daring. Hasil ini menunjukkan bahwa desain kemasan yang inovatif dan berbasis kebutuhan konsumen dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar yang kompetitif. Kata kunci : UMKM, Kemasan, Daya Saing Produk, Vacuum Packaging, Quality Function Deployment (QFD), Bawang Goreng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jun 2025 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39988

Actions (login required)

View Item View Item