SEPTIANTO, KENANG (2025) PENGARUH MARKETING MIX 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE, DAN PROMOTION) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFE SANCA DENGAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Teknik Industri_31602000045_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Teknik Industri_31602000045_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing mix 4P terhadap Keputusan pembelian pada cafe sanca. Permasalahan yang terjadi di cafe sanca yaitu pendapatan penjualan yang tidak stabil atau naik turunnya pendapatan penjualan di dari bulan Februari 2024 sampai bulan Juli 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner pada sejumlah konsumen yang telah melakukan pembelian di cafe sanca sejumlah 70 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23. hasil Uji F menunjukkan nilai signifikan yaitu 0,001 < 0,05 . Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini diterima, artinya variabel product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4), secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada usaha Cafe Sanca. Dan berdasarkan Uji T variable product menunjukkan nilai signifikan 0,00 < 0,05, dinyatakan H1 diterima, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel product terhadap Keputusan pembelian. Variabel price menunjukan nilai signifikan 0,022 < 0,05, dinyatakan H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel price terhadap Keputusan pembelian. Hasil Uji Koefisien Determinasi diperoleh angka R square sebesar 0,660 yang artinya kontribusi dari product,price,promotion,place terhadap Keputusan pembelian pada usaha cafe sanca sebesar 66.0%. Namun variabel promotion, tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan dan untuk variabel place tidak berpengaruh positif akan tetapi signifikan terhadap Keputusan pembelian. Kata kunci : Analisis Regresi Linear Berganda, Marketing mix, Keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 06:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |