HUBUNGAN ANTARA PERAN PENDIDIK KLINIS DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KLINIS DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA SAAT PRAKTIK DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Romadhani, Siti Nova (2025) HUBUNGAN ANTARA PERAN PENDIDIK KLINIS DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KLINIS DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA SAAT PRAKTIK DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100230_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100230_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan klinis merupakan elemen penting dalam pendidikan kesehatan, di mana mahasiswa belajar keterampilan klinis di rumah sakit. Dukungan dari pendidik klinis dan lingkungan yang mendukung sangat diperlukan untuk mengurangi stres. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan antara peran pendidik klinis dan pelaksanaan pendidikan klinis dengan tingkat stress mahasiswa saat praktik di RSI Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Sebanyak 87 responden berpartisipasi dalam penelitian ini, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Untuk menganalisis data, peneliti menerapkan uji Spearman’s. Hasil: Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dari 87 responden, mayoritas berusia 23 tahun sebanyak 51,7%, dan sebagian besar adalah perempuan, yaitu 89,7%. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa peran pendidik klinis dinilai baik oleh 85,1% responden, pelaksanaan pendidikan klinis baik oleh 87,4%, dan tingkat stres yang dirasakan mahasiswa tergolong ringan sebesar 96,6%. Simpulan: Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara peran pendidik klinis dan pelaksanaan pendidikan klinis dengan tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa selama praktik di RSI Sultan Agung Semarang. Hubungan tersebut memiliki kekuatan yang lemah, dengan nilai p-value sebesar 0,000 dan arah hubungan yang positif, serta koefisien korelasi 0,471 dan 0,514. Kata kunci:Peran Pendidik Klinis, Pelaksanaan Pendidikan Klinis, Tingkat Stress

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39963

Actions (login required)

View Item View Item