AFIFAH, SIH NUR (2025) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SELF DIRECTED LEARNING READINESS DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Keperawatan_30902100225_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Ilmu Keperawatan_30902100225_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
Abstract
Latar Belakang: Konsep Self Directed Learning Readiness mendorong mahasiswa untuk berinisiatif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar mereka sendiri, dapat digunakan sebagai alat untuk menilai keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran di lingkungan belajar mereka. Mahasiswa dengan SDLR yang tinggi maka memiliki nilai IPK yang tinggi karena memiliki keinginan yang kuat untuk belajar. Minat belajar yang rendah akan menghasilkan prestasi belajar yang rendah pula, sebaliknya minat belajar yang tinggi cenderung menghasilkan prestasi belajar yang tinggi. Prestasi belajar mahasiswa memiliki dampak yang signifikan terhadap Self Directed Learning Readiness. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara tingkat self directed learning readiness dengan IPK pada mahasiswa keperawatan unissula. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 122 orang. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) dikembangkan oleh Dr Lucy M. Guglielmino pada tahun 1977. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi spearmen rank. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat SDLR dalam kategori tinggi 62 responden (50,8%). IPK tertinggi mahasiswa dalam kategori memuaskan dengan 60 responden (49,2%). Temuan uji statistik menunjukkan nilai p-value sebesar 0.000 (<0.05), yang mengindikasikan adanya hubungan antara Self Directed Learning Readiness dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna Self Directed Learning Readiness dengan Indeks Prestasi Kumulatif dengan p-value 0.000 dan keeratan hubungan yang kuat (0.435). Kata kunci : Self Directed Learning Readiness, Indeks Prestasi Kumulatif, Mahasiswa Keperawatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |