GAMBARAN REGULASI EMOSI REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SMP 4 SULTAN AGUNG

Apriliani, Sesilia (2025) GAMBARAN REGULASI EMOSI REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SMP 4 SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100215_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100215_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

Latar Belakang: Regulasi emosi merupakan kemampuan individu dalam mengenali, mengelola, dan mengontrol emosi yang sangat penting bagi remaja, terutama dalam menghadapi berbagai situasi di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kasus stress dan masalah emosional di kalangan siswa, yang dapat berdampak pada prestasi akademik dan hubungan sosial mereka. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Kuesioner disebarkan kepada 173 siswa dari kelas 7, 8, dan 9 di SMP 4 Sultan Agung. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi gambaran regulasi emosi siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil: Berdasarkan hasil analisis, dari 173 responden menunjukkan bahwa 81 responden (46,8%) memiliki regulasi emosi yang baik, sementara 92 responden (53,2%) memiliki regulasi emosi yang cukup. Terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan regulasi emosi berdasarkan tingkat kelas, di mana siswa kelas yang lebih tinggi memiliki pengendalian emosional yang lebih baik. Faktor internal dan eksternal dapat memengaruhi regulasi emosi siswa. Simpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa regulasi emosi siswa di SMP 4 Sultan Agung bervariasi, dan penting bagi pihak sekolah serta orang tua untuk berkolaborasi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kemampuan regulasi emosi siswa Kata Kunci : Regulasi emosi, Siswa SMP, Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39903

Actions (login required)

View Item View Item