HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN NON PBI DALAM PROGRAM JKN DI RUANG RAWAT INAP RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK

Yulianti, Riza Fidiyah (2015) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN NON PBI DALAM PROGRAM JKN DI RUANG RAWAT INAP RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Riza Fidiyah Yulianti_092111252_Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Riza Fidiyah Yulianti_092111252_Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Riza Fidiyah Yulianti_092111252_Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN NON PBI DALAM PROGRAM JKN DI RUANG RAWAT INAP RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK 75 hal + 10tabel + xvii Latar belakang : Kepuasan merupakan perbandingan antara kualitas jasa pelayanan yang didapat dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan. Pasien sebagai pengguna jasa pelayanan keperawatan menuntut pelayanan keperawatan yang sesuai dengan haknya, yakni pelayanan keperawatan yang bermutu dan berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan non PBI dalam program JKN di ruang rawat inap RSUD Sunan Kalijaga Demak. Motode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Jumlah populasi dari penelian ini sebanyak 294 responden dan sampel yang di ambil sebanyak 169 responden diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik menggunakan uji statistik chi-square. Hasil: Berdasarkan hasil analisa dari 169 responden penelitian, menunjukkan bahwa pendidikan responden SMA sebanyak 33,7%, umur responden menurut kategori dewasa-lansia sebanyak 37,3%, pekerjaan responden adalah swasta sebanyak 39,6%, mutu pelayanan sedang sebanyak 46,7%. kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan non PBI tentang pelayanan keperawatan sedang sebanyak 32,4%. Dari hasil uji statistik menggunakan uji chi-square di dapatkan hasil bahwa ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan non PBI dalam program JKN di ruang rawat inap RSUD Sunan Kalijaga Demak (p < 0.000) dengan tingkat keeratan hubungan kuat (r = 0.748). Simpulan: Ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan non PBI dalam program JKN di ruang rawat inap RSUD Sunan Kalijaga Demak Kata Kunci : RSUD, Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan non PBI Daftar pustaka : 35 (2005-2014)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Aug 2015 06:09
Last Modified: 11 Aug 2015 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item