Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Jasa Service Motor di Bengkel Yamaha Jadi Sakti Motor Kota Semarang

Moertihari, Rafiery Arieq (2025) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Jasa Service Motor di Bengkel Yamaha Jadi Sakti Motor Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302100268_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302100268_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Bengkel kendaraan bermotor adalah tempat dilakukannya pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan teknis pada produk kendaraan bermotor. Saat ini perkembangan badan usaha dalam pendirian jasa perbengkelan semakin meningkat, karena jasa perbengkelan juga diikuti dengan perkembangan dan peningkatan penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia khususnya di kota Semarang. Seiring dengan berkembangnya perusahaan bengkel, apakah para pelanggan bengkel sudah mendapatkan hak-hak dan juga perlindungan hukum yang sesuai dengan undang-undang perlindungan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak-hak konsumen di bengkel Yamaha Jadi Sakti Motor, dan mengetahui perlindungan hukum yang di terapkan di dalam begkel. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan data primer yaitu diperoleh dengan melakukan wawancara kepada pemilik dari Bengkel Yamaha Jadi Sakti Motor. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Metode analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai pemenuhan hak-hak konsumen. Berdasarkan wawancara, pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh bengkel. Karena bengkel memiliki fasilitas yang cukup nyaman, montir yang berkualitas, menggunakan suku cadang asli dari Yamaha, dan transparansi biaya. Perlindungan hukum bagi konsumen yang terjadi di bengkel adalah adanya garansi yang diberikan kepada konsumen yang berwaktu satu minggu, namun apabila sudah lebih dari satu minggu, konsumen masih bisa menggunakan garansi apabila terbukti terdapat kesalahan perbaikan dari montir bengkel. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Service Motor, Bengkel Yamaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jun 2025 06:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39677

Actions (login required)

View Item View Item