ANALISIS PENGGUNAAN GEOFOAM SEBAGAI PENGGANTI TIMBUNAN PADA JALAN AKSES RANCAKALONG Sta. 0+675 – 0+775 JALAN TOL CISUMDAWU

Azizah, Maulida Nurul and Nur A, Rifka Annisa Rini (2025) ANALISIS PENGGUNAAN GEOFOAM SEBAGAI PENGGANTI TIMBUNAN PADA JALAN AKSES RANCAKALONG Sta. 0+675 – 0+775 JALAN TOL CISUMDAWU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202100002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202100002_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu pembangunan insfrastruktur jalan yang sedang berkembang di Indonesia adalah Jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan wilayah sekitar Cileunyi, Kota Sumedang, dan Dawuan. Berikut jalan tol Cisumdawu adalah salah satu jalan bebas hambatan yang memiliki dari panjang total sekitar 62,6 kilometer. Jika dilihat dari segi arah memanjang pada jalan, lokasi ini merupakan salah satu daerah yang memiliki cekungan dengan posisi terendah di sekitar STA 0+700. Maka diharuskan pemberian crossing drain dengan tujuan sebagai pengalir limpasan air pada permukaan dari lingkungan disekitar, dan pada saluran samping di sisi sebelah kiri badan jalan ke sisi sebelah kanan. Dalam penyusunan penelitian ini menggukan data sekunder. Data yang digunakan yaitu data parameter tanah serta N-SPT yang diperoleh dari hasil borlog pengeboran teknik di sekitar lokasi rencana badan jalan ini dari penelitian yang dilakukan oleh Yogaswara (2021) dalam jurnalnya yang berjudul “Penanganan Tanah Lunak pada Timbunan Tinggi di Area Akses Rancakalong Sta. 0+675 – Sta. 0+775 Jalan Tol Cisumdawu” dengan data yang didapat sebagai acuan dalam perhitungan dan pembuatan model analisa. Dari hasil dan pembahasan Analisa perhitungan dengan analisis perhitungan numerik permodelan dengan software Plaxis V20 di atas dapat disimpulkan Hasil analisis perhitungan penurunan tanah timbunan ke 15 tanpa diberikan perkuatan pada pemodelan software plaxis V20 menghasilkan nilai sebesar 0,2947 m dan menghasilkan nilai SF sebesar 1. Hasil dari analisis perhitungan bidang longsor pada tanah timbunan ke 15 tanpa diberikan perkuatan pada pemodelan software plaxis V20 menghasilkan nilai SF sebesar 1 (kritis). Kemudian hasil dari penurunan konsolidasi akhir menggunakan perkuatan geofoam pada pemodelan software plaxis V20 menghasilkan nilai sebesar 0,3459 m dan menghasilkan nilai SF sebesar 2,617. Kata Kunci : Tanah Lunak; Plaxis V20; Geofoam; penurunan tanah; Jalan Tol Cisumdawu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39648

Actions (login required)

View Item View Item