IMPLEMENTASI KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS DARUNNAJAH

Nurhidayah, Siti (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS DARUNNAJAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300469_fullpdf.pdf

Download (27MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300469_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)

Abstract

Penerapan kurikulum Outcome Based Education (OBE) menjadi salah satu langkah strategis dalam menjawab tantangan globalisasi dan kebutuhan dunia kerja yang semakin dinamis. Kurikulum ini menitikberatkan pada capaian pembelajaran yang jelas, terukur, dan relevan, sehingga setiap lulusan diharapkan memiliki kompetensi sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Darunnajah, sebagai salah satu institusi yang berkomitmen pada pengembangan pendidikan berbasis pesantren wakaf, menghadapi tantangan untuk memastikan bahwa profil lulusannya tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga memiliki kemampuan manajerial, kepemimpinan, dan integritas moral yang tinggi. Oleh karena itu, implementasi kurikulum OBE menjadi upaya penting untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global, sekaligus berkontribusi dalam pengembangan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam terkait implementasi kurikulum Outcome Based Education (OBE) pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Universitas Darunnajah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum OBE di Program Studi MPI Universitas Darunnajah telah berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pemahaman dosen terhadap konsep OBE. Kurikulum ini berhasil mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat, termasuk kompetensi kepemimpinan, manajerial, dan nilai-nilai keislaman. Selain itu, kolaborasi antara pihak universitas, dosen, dan mahasiswa menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi Kurikulum OBE. Kata Kunci: Outcome Based Education (OBE), Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Darunnajah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 May 2025 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39641

Actions (login required)

View Item View Item