IMPLEMENTASI PENGAJARAN AKHLAQ DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA PESANTREN AL MA’HAD THE ILTC KECAMATAN SETU KABUPATEN BEKASI

VOLYA, IRA (2025) IMPLEMENTASI PENGAJARAN AKHLAQ DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA PESANTREN AL MA’HAD THE ILTC KECAMATAN SETU KABUPATEN BEKASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300467_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300467_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis implementasi pengajaran akhlaq di SMA Pesantren Al Ma’had The ILTC Setu Bekasi dan relevansinya dengan Kurikulum Merdeka. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan memberikan kuesioner dengan melibatkan santri, guru, wali santri, dan manajemen pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran akhlaq efektif dalam membentuk karakter santri serta relevan dengan prinsip Kurikulum Merdeka, seperti fleksibilitas pembelajaran dan penguatan profil pelajar Pancasila. Namun, penelitian juga menemukan tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan pelatihan guru dan adaptasi materi ajar. Meskipun demikian, pengajaran akhlaq di pesantren berpotensi menjadi model pendidikan karakter Islami berbasis kurikulum modern yang holistik. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan generasi masa kini. Kata kunci: Akhlaq, Kurikulum Merdeka, pendidikan karakter, pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 May 2025 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39640

Actions (login required)

View Item View Item