ANALISIS BIAYA DAN DURASI PEKERJAAN DENGAN METODE CRASHING (Studi Kasus Proyek Rehabilitasi SDN 2 Sedadi Grobogan)

Saputro, Wahyu Adi (2025) ANALISIS BIAYA DAN DURASI PEKERJAAN DENGAN METODE CRASHING (Studi Kasus Proyek Rehabilitasi SDN 2 Sedadi Grobogan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202000287_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202000287_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur di sektor pendidikan di Indonesia menjadi prioritas untuk meningkatkan kualitas layanan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Namun, proyek konstruksi sering menghadapi kendala dalam efisiensi waktu dan biaya, yang menuntut penerapan strategi manajemen proyek yang efektif. Salah satu metode yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah metode crashing, yakni percepatan durasi proyek melalui penambahan tenaga kerja. Penelitian ini dilakukan pada proyek rehabilitasi SDN 2 Sedadi Grobogan, khususnya pada pekerjaan pemasangan batu bata. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh penambahan tenaga kerja terhadap durasi proyek, peningkatan produktivitas, dan biaya tambahan yang ditimbulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tenaga kerja dari 10 orang menjadi 18 orang meningkatkan produktivitas harian dari 16,61 m²/hari menjadi 29,90 m²/hari. Hal ini berdampak pada percepatan durasi pekerjaan, yang semula membutuhkan 10 hari menjadi hanya 6 hari. Namun, percepatan ini diikuti oleh peningkatan biaya proyek (crash cost), dengan tambahan biaya tertinggi sebesar Rp4.859.952,00 untuk penambahan 8 orang tenaga kerja. Meskipun demikian, analisis menunjukkan penurunan cost slope per hari dari Rp1.822.482,00 menjadi Rp1.214.988,00, menandakan adanya peningkatan efisiensi biaya dengan bertambahnya tenaga kerja. Dapat disimpulkan bahwa metode crashing melalui penambahan tenaga kerja efektif dalam mempercepat durasi proyek sekaligus meningkatkan efisiensi biaya per hari. Untuk penerapan yang optimal, diperlukan pertimbangan menyeluruh terhadap faktor-faktor seperti ketersediaan sumber daya manusia, kondisi lingkungan, dan luas area pekerjaan. Kata Kunci :metode crashing, biaya proyek, durasi proyek, rehabilitasi sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39632

Actions (login required)

View Item View Item