INTEGRATIF ISLAMIC PARENTING ORANGTUA DAN SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM DARUNNAJAH JAKARTA

ELYANA, ELYANA (2025) INTEGRATIF ISLAMIC PARENTING ORANGTUA DAN SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300424_fullpdf.pdf

Download (23MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300424_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program integratif Islamic parenting antara orang tua dan sekolah dalam membentuk karakter siswa di SD Islam Darunnajah. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, orang tua, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Islamic parenting di SD Islam Darunnajah merupakan kolaborasi yang cukup efektif antara sekolah dan orang tua dalam membentuk karakter siswa yang disiplin, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia. Program ini dirancang melalui musyawarah tahunan yang melibatkan berbagai aktivitas, seperti workshop parenting, komunikasi intensif melalui media digital, dan pertemuan rutin. Terdapat kegiatan bersama antara orang tua dan sekolah yang harus diawasi kedua belah pihak agar tujuan pendidikan tercapai secara optimal. Pendekatan berbasis nilai-nilai Islam diterapkan melalui kurikulum terstruktur, pembiasaan harian, keteladanan guru, dan penggunaan media pendukung, sehingga memastikan kesinambungan pendidikan di rumah dan sekolah. Efektivitas program terlihat dari meningkatnya kedisiplinan siswa, yang diwujudkan dalam pengelolaan waktu, kemandirian, dan kepatuhan terhadap aturan. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program. Faktor pendukung meliputi dukungan guru dan sekolah, kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan Islam, lingkungan sekolah yang Islami, dan program parenting yang terstruktur. Sedangkan faktor penghambat meliputi perbedaan pola asuh, keterbatasan waktu orang tua, kurangnya komunikasi yang terstruktur, dan keterbatasan pemahaman orang tua terhadap konsep Islamic parenting. Penelitian ini merekomendasikan penguatan komunikasi dan pelatihan bagi orang tua, peningkatan keterlibatan orang tua dalam program sekolah, serta evaluasi berkala terhadap implementasi program untuk memastikan konsistensi dan efektivitas dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah lain dalam mengintegratifkan Islamic parenting untuk mendukung pembentukan karakter Islami siswa secara berkelanjutan. Kata Kunci: Islamic parenting, integratif, karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 May 2025 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39626

Actions (login required)

View Item View Item