IMPLEMENTASI ADAB PESERTA DIDIK DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTAALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SD NEGERI LAREN 01 BUMIAYU BREBES JAWA TENGAH 2024

SAFITRI, ZULFA ANIS (2025) IMPLEMENTASI ADAB PESERTA DIDIK DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTAALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SD NEGERI LAREN 01 BUMIAYU BREBES JAWA TENGAH 2024. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300420_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300420_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi konsep adab peserta didik dalam kitab Adabul Alim wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari (1871-1947) sebagai upaya penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Negeri Laren 01, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah. Fokus penelitian ini meliputi implementasi adab terhadap diri sendiri, guru, pelajaran, dan teman belajar, yang ditujukan untuk mengembangkan karakter peserta didik dalam aspek kedisiplinan, rasa hormat, dan tanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari kepala sekolah, guru, peserta didik, dan dokumen pendukung lainnya. Subjek penelitian pertama dalam penelitian ini adalah informan yang akan diminta informasinya melalui wawancara terkait penerapan konsep adab peserta didik dalam kitab Adabul Alim wal Mutaallim di SD Negeri Laren 01, adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik SD Negeri Laren 01 Bumiayu Brebes Jawa Tengah. Analisi data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan. Analisis data di lapangan menggunakan program Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi adab dalam kitab ini berdampak positif terhadap pembentukan karakter peserta didik, terutama dalam meningkatkan kedisiplinan, penghormatan, dan rasa tanggung jawab kepada guru serta teman sejawat. Faktor pendukung utama adalah peran guru sebagai teladan dan pembiasaan budaya positif di sekolah. Namun, terdapat kendala seperti rendahnya kesadaran peserta didik akan pentingnya adab dan kurangnya keterlibatan orang tua. Penelitian ini merekomendasikan strategi yang lebih komprehensif untuk mengintegrasikan nilai-nilai adab ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah, sehingga penguatan pendidikan karakter dapat tercapai secara optimal. Penelitian ini akan memperkaya khasanah keilmuan pendidikan agama Islam, spesifik pada penguatan pendidikan karakter yang dapat diterapkan di sekolah serta menjadi masukan bagi instansi-instansi pendidikan dalam membuat program yang menunjang penguatan pendidikan karakter peserta didik seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan rasa hormat. Kata Kunci: Adab Peserta Didik, Adabul Alim wal Muta’allim, Pendidikan Karakter, Kedisiplinan, Rasa Hormat, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 May 2025 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39624

Actions (login required)

View Item View Item