HIDAYAT, RAHMAT (2025) EFEKTIFITAS PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEREALISASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DITINJAU DARI ASPEK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KECAMATAN MEPANGA SULAWESI TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300411_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300411_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peran guru PAI dalam merealisasikan profil pelajar pancasila ditinjau dari aspek karakter religius peserta didik sekolah dasar Kecamatan Mepanga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori berurutan (sequential explanatory designs), dengan pendekatan campuran (mixed methods). Sampel dalam penelitian ini mengambil 100% populasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan program SPSS 26 for macbook melaluli Uji T sedangkan data kualitatif reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel peran guru PAI dalam merealisasikan profil pelajar pancasila (X) memberikan pengaruh atau efek secara signifikan terhadap karakter religius peserta didik sekolah dasar Kecamatan Mepanga (Y) dengan besaran pengaruh atau efek yaitu 0,849. Peran guru PAI sekolah dasar Kecamatan Mepanga dalam merealisasikan profil pelajar Pancasila yaitu guru sebagai teladan, motivator, kolabolator dan konselor dari penerapan dimensi profil pelajar pancasila. Faktor pendukung dalam mewujudkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila yaitu adanya peran aktif dan kolaboratif dari rekan guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan. Sedangkan faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu antar peserta didik dan guru sehingga peserta didik berpeluang untuk meniru hal-hal yang tidak diharapkan di luar sekolah. Kesimpulan hasil menunjukkan besaran pengaruh 0,849 jika dipresentasikan sama dengan 84,9%, hal ini mengidentifikasikan bahwa Peran guru PAI sekolah dasar kecamatan Mepanga sangat efektiv dalam merealisasikan profil pelajar pancasila, dengan peran guru PAI sebagai teladan, motivator, kolabolator dan konselor dari penerapan dimensi profil pelajar pancasila, adanya peran aktif dan kolaboratif dari rekan guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan menjadi faktor pendukung peran guru PAI dalam merealisasikan profil pelajar pancasila.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |