ISMAIL, ISMAIL (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI INFORMASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SDN DIKECAMATAN SUNGAI BEDUK KOTA BATAM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300397_fullpdf.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300397_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi menyebabkan arus informasi menjadi sangat cepat dan sulit dikendalikan (Novitasari et al., 2021: 1246). Hal ini mengubah cara akses terhadap informasi. Informasi tersedia dalam bentuk lisan, tulisan, dan terus- menerus menyebar secara elektronik dengan tingkat kecepatan yang tinggi, yang dikenal sebagai Era Informasi (Santoso, 2021: 104 ). Era informasi menghadirkan peluang dan tantangan bagi para guru. Dalam rangka menyelesaikan masalah dan menemukan solusi, guru harus memiliki kemampuan untuk mengenali, mengumpulkan, mengevaluasi, mengorganisasi, menciptakan, menggunakan, dan menyampaikan informasi yang diperoleh. Dalam kehidupan setiap orang, informasi diperlukan sebagai tambahan pengetahuan dalam pengambilan keputusan (Santoso et al., 2023: 101). Meskipun setiap orang dapat mencari berbagai informasi melalui media tradisional maupun berbasis teknologi, menemukan informasi yang tepat dan akurat menjadi sulit karena semakin banyaknya informasi yang tersedia (Yusuf et al., 2022: 8316). Peran guru sebagai pendidik sangat krusial dalam menentukan sejauh mana tujuan pendidikan tercapai dan kualitas pendidikan secara keseluruhan meningkat. Khususnya dalam mata pelajaran Agama Islam yang seringkali dianggap menantang, guru dituntut untuk memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengelola pembelajaran. Agar berhasil, guru Agama Islam perlu merancang metode pembelajaran yang kreatif dan dapat disesuaikan dengan berbagai situasi (Supriyadi, 2024: 13). Peran guru sebagai fasilitator pembelajaran tidak bisa sepenuhnya digantikan oleh teknologi digital. Interaksi secara langsung harus tetap dilakukan oleh guru untuk menyampaikan informasi melalui pendampingan dan keteladanan (Rifai, 2021:61). Mengingat guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri yang mendominasi pengajaran terkait PAI hanya terdiri dari 1 sampai 2 orang, hal ini berbeda dengan Sekolah Dasar Swasta yang ada di Kecamatan Sungai Beduk Kota Batam. Sekolah Dasar Swasta yang ada sebagian besar adalah Sekolah Dasar Islam Terpatu (SDIT). Guru pada SDIT sebagian besar memilik latar belakang guru agama. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa perlunya penguasaan terhadap teknologi digital dan kompetensi pedagogik menjadi sebuah peluang dan tantangan yang dihadapi oleh guru. Peluang dan tantangan tersebut harus dimanfaatkan secara efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas guru (Sulistyarini, et al, 2022: 51). Pemahaman guru PAI mengenai literasi digital, literasi informasi, dan media pembelajaran berbasis TIK sangat diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa X1 literasi digital berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Y. Sedangkan X2 literasi informasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y, berdasarkan hasil survey hal ini dipengaruhi oleh guru PAI di Kecamatan Sungai Beduk Kota Batam lebih cendrung mengambil informasi dari Al-Qur’an, Hadits, Kitab dan hardcopy buku-buku agama, karena besarnya kekhawatiran untuk mengambil materi dari internet. Kemudian X3 penggunaan media pembelajaran berbasis TIK juga berbanding terbalik sehingga X3 tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Y. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya saranan dukungan dari sekolah seperti wifi atau internet dan perangkat TIK lainnya sehingga guru enggan menggunakan media berbasis TIK. Dengan demikian literasi digital guru PAI di Kecamatan Sungai Beduk Kota Batam harus terus ditingkatkan, literasi digital yang dimaksudkan yaitu terkait Evaluasi Konten Informasi (Conten Evaluation) yang berkaitan dengan Kemampuan membedakan antara tampilan konten yakni pengguna memahami tampilan halaman web yang dikunjungi dan Penyusunan Pengetahuan (Knowledge Assembly) yang berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan pencarian pencarian informasi melalui internet. Serta untuk sumber yang diperoleh di internet kehidupan yang dengan nyata tidak terhubung dengan jaringan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:35 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |