ANALISIS ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC- WC) DENGAN BAHAN TAMBAH ASBUTON DAN PASIR LAUT UNTUK PERKERASAN JALAN

Wicaksono, Ibnu Bagus (2025) ANALISIS ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC- WC) DENGAN BAHAN TAMBAH ASBUTON DAN PASIR LAUT UNTUK PERKERASAN JALAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30201800082_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
Teknik Sipil_30201800082_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Jalan di indonesia mengalami peningkatan volume kendaraan yang pesat dalam menangani tekanan berat yang menyebabkan kerusakan dini pada jalan, sehingga perlu adanya modifikasi pada perkerasan jalan. potensi penggunaan pasir laut dengan Asbuton sebagai bahan perkerasan jalan sangat besar dan menjanjikan. Kombinasi ini tidak hanya menawarkan solusi yang efisien dan ramah lingkungan, tetapi juga mendukung kemandirian Indonesia dalam pembangunan infrastruktur jalan. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar nilai karakteristik dan pengaruh pengunaan pasi laut dan asbuton pada nilai Stabilitas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan percobaan untuk mendapatkan hasil, pemanfaatan Asbuton 0%,10%,20%, dan 30% sebagai pencampuran dengan variasi kadar Pasir Laut 0%,10%,20%, dan 30% terhadap total campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan persentase Asbuton dan Pasir Laut berpengaruh pada nilai marshall Semakin banyak banyak pengunaan asbuton dan pasir laut akan menyebabkan peningkatan pada nilai stabilitas, Pada kadar Asbuton 0% nilai stabilitas yang didapatkan sebesar 1424,28 Kg, pada saat kadar Asbuton 10%, nilai stabilitas meningkat menjadi 2356,08 Kg. Dan mengalami penurunan nilai stabilitas ketika penambahan asbuton 20& dan 30%. Dengan penurunan rata-rata sebesar 1991,21 kg dan 1765,42 kg. Kelelehan flow campuran mengalami peningkatan seiring pertambahan kadar asbuton dan pasir laut. Pada saat campuran menggunakan variasi asbuton sebesar 0 %, memiliki nilai flow sebesar 3,02 setelah divariasikan dengan kadar asbuton sampai pada 30%, nilai flow meningkat menjadi 3,53 dengan rata- rata peningkatan sebesar 3,25. Kata Kunci : Campuran Beton aspal, Asbuton, Pasir Laut dan Karakteristik stabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39591

Actions (login required)

View Item View Item