DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN FAROIDH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE DI KELAS III KMI PONDOK PESANTREN TRUBUS IMAN

PRASETYO, HERU EKO (2025) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN FAROIDH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE DI KELAS III KMI PONDOK PESANTREN TRUBUS IMAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300360_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300360_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran Faroidh, Progam Lectora Inspire Ilmu Faroidh merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat penting bagi umat Muslim, karena setiap individu pasti akan menghadapi situasi menerima atau mewariskan harta. Ilmu ini mengatur pembagian warisan sesuai dengan petunjuk Allah SWT yang tertuang dalam Al-Qur'an, Hadis, ijma, dan ijtihad para ulama. Berbeda dengan ilmu-ilmu Islam lainnya, ilmu Faroidh secara eksplisit diajarkan dalam Al-Qur'an. Rasulullah SAW juga menekankan pentingnya ilmu ini melalui hadis yang menyatakan bahwa ilmu Faroidh (warisan) adalah setengah dari ilmu, dan akan menjadi ilmu pertama yang hilang dari umat Islam. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa meskipun ilmu Faroidh sangat penting, pengajarannya mulai berkurang akibat minimnya penguasaan di kalangan pendidik, yang kemudian berdampak pada pemahaman umat. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang efektif guna memudahkan pemahaman peserta didik terhadap ilmu Faroidh. Penelitian ini berfokus pada penerapan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III KMI di Pondok Pesantren Trubus Iman, dengan tujuan memperjelas konsep ilmu Faroidh dan membantu peserta didik dalam memahami serta menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, mendeskripsikan secara rinci spesifikasi desain media pembelajaran untuk mata pelajaran Faroidh dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada siswa kelas 3 KMI di Pondok Pesantren Trubus Iman. Kedua, menguraikan efektivitas media pembelajaran yang dirancang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan, yaitu kualitatif dan kuantitatif, dengan metode R&D (Research and Development). Untuk menganalisis data, peneliti memanfaatkan rumus T-test guna mengukur efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan dalam meningkatkan minat siswa kelas 3 KMI terhadap materi Faroidh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hal-hal berikut: 1) Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan program Lectora Inspire mencakup beberapa elemen, yaitu: halaman depan, judul-judul pelajaran Faroidh, bagan-bagan Faroidh, dan soal-soal latihan Faroidh. Dalam media ini, peneliti memanfaatkan gambar kartun yang relevan, kombinasi warna yang menarik, video-video pendek, serta beragam jenis soal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, di mana rata-rata skor pre-test siswa meningkat dari 60,1 menjadi 85,49 setelah penggunaan media pembelajaran tersebut. Selain itu, 94,27% siswa merasa puas, mencerminkan peningkatan motivasi dan keterlibatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Lectora Inspire adalah media yang efektif untuk mengajarkan Faroidh, menjadikan pembelajaran yang sebelumnya sulit lebih menarik dan mudah dipahami, sehingga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan Islam. Peneliti berharap di masa mendatang akan ada penelitian lanjutan yang membahas pengembangan atau desain media pembelajaran lain, baik pada materi yang sama maupun materi berbeda, guna meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Meskipun penelitian ini masih memiliki beberapa aspek yang perlu diperbaiki, peneliti berharap hasilnya dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 May 2025 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39590

Actions (login required)

View Item View Item