MASRURI, MOHAMAD (2025) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG MODERASI BERAGAMA DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300332_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300332_fullpdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media sosial dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap persepsi siswa tentang moderasi beragama di SMK Negeri 1 Ampelgading, Kabupaten Pemalang. Moderasi beragama merupakan prinsip penting dalam menjaga harmoni sosial di tengah keberagaman agama, etnis, dan budaya di Indonesia. Namun, dinamika era digital memunculkan tantangan baru, terutama melalui media sosial yang dapat memengaruhi persepsi siswa, baik secara positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XII, yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengukur intensitas penggunaan media sosial, efektivitas pembelajaran PAI, dan persepsi siswa terhadap moderasi beragama. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda untuk melihat pengaruh parsial maupun simultan dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap persepsi siswa tentang moderasi beragama. Siswa yang mengakses konten edukatif cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai nilai-nilai toleransi dan keberagaman. 2) Pembelajaran PAI juga memberikan kontribusi yang kuat, terutama melalui pendekatan dialogis yang menanamkan nilai-nilai inklusivitas dan kerukunan. 3) Secara simultan, kedua faktor ini saling melengkapi dalam membentuk persepsi siswa yang moderat. Penelitian ini menyarankan perlunya literasi digital yang lebih baik dan inovasi dalam metode pembelajaran PAI untuk mengoptimalkan pengaruh positif media sosial dan pendidikan formal dalam membangun generasi yang toleran, inklusif, dan harmoni. Kata Kunci: media sosial, pembelajaran PAI, persepsi siswa, dan moderasi beragama
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |