PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 MERAUKE PROVINSI PAPUA SELATAN

MASRUROH, MASRUROH (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 MERAUKE PROVINSI PAPUA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300331_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300331_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Krisis moral pada kalangan anak dan remaja di Indonesia saat ini mencerminkan rapuhnya nilai moral dalam masyarakat, dan dampak dari penggunaan gadget. Walaupun pendidikan telah mengintegrasikan aspek moral dalam kurikulum, namun hasilnya belum maksimal karena fokus pada pencapaian akademik, sehingga pendidikan moral belum mendapat porsi yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP N 3 Merauke, (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius dan (3) Evaluasi faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dengan analisis induktif. Subyek penelitian dengan pengambilan sampel minimal 10% dari populasinya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan reduksi, display data dan verifikasi data. Perencanaan pembelajaran menggunakan silabus, sosialisasi silabus, dan penyusunan RPP. Implementasi pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius siswa memiliki empat faktor pendukung (adanya ruang kelas, perpustakaan, Al-Qur’an dan pengeras suara) dan empat faktor penghambat (latar belakang siswa dan orang tua yang berbeda, faktor lingkungan yang kurang mendukung, lemahnya pengawasan di luar sekolah, dan pengaruh teman sebaya) dengan dua cara yaitu intrakulikuler (mengintegrasikan nilai karakter religius ke dalam materi pembelajaran PAI) dan ekstrakulikuler (Berwudlu, shalat berjamaah di sekolah, memberikan bantuan, infak dan sedekah, serta membaca dan menghafal Al-Qur’an). Evaluasinya meliputi tiga penilaian yaitu penilaian autentik, penilaian acuan kriteria dan pelaporan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 May 2025 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39587

Actions (login required)

View Item View Item