Mustofa, Zaenal (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SOSIOKULTURAL DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 2 CILACAP. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300329_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300329_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menjadi salah satu upaya lembaga pendidikan untuk mencegah munculnya intoleransi dan radikalisme yang mengatasnamakan agama. Melalui pembelajaran berbasis sosiokultural, proses ini memberikan dampak positif berupa terciptanya lingkungan yang damai, toleran, dan bebas dari kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan sosiokultural dalam rangka memperkuat sikap moderat siswa. Secara khusus, penelitian ini mengkaji tiga hal utama: (1) konsep strategi pembelajaran PAI berbasis sosiokultural, (2) implementasi strategi pembelajaran tersebut, dan (3) implikasi dari proses pembelajaran PAI terhadap penguatan moderasi beragama siswa di SMA Negeri 2 Cilacap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guru PAI berperan sebagai informan utama, dan proses analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data hingga proses selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Konsep pembelajaran PAI berbasis sosiokultural berfokus pada pengintegrasian agama dan budaya sebagai sarana pembelajaran. Konsep dasar pendekatan sosiokultural dalam penguatan moderasi beragama di SMA Negeri 2 Cilacap berdasarkan atas prinsip Inklusivitas, Kontekstualitas, Praktikalitas, dan Kolaborasi Langkah-langkah pembelajaran PAI meliputi tiga tahapan: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan problem-based learning untuk menyampaikan materi agama, serta kegiatan penutup berupa refleksi hasil pembelajaran oleh guru dan siswa. Implikasi pembelajaran PAI menunjukkan hasil positif dalam penguatan moderasi beragama siswa. Sikap ini terlihat dari praktik kehidupan sehari-hari siswa yang mencerminkan nilai-nilai moderasi beragama. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, PAI, Sosiokultural, moderasi beragama
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |