Ni’mah, Faizatun (2025) POLA PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI TK AVERROES BANGSRI JEPARA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300320_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300320_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya gejala penurunan akhlak yang terjadi pada anak usia dini terlihat adanya perilaku anak yang kurang baik, dan tutur kata tidak baik yang diucapkan oleh anak usia dini. Sehingga penting pola pendidikan keluarga yang baik agar dapat meningkatkan karakter, kepribadian, interpersonal antar masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan keluarga dalam pembentukan akhlak anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling yang berjumlah 15 orang tua di TK Averroes Bangsri Jepara. Pendidikan Akhlak merupakan pondasi dalam menumbuhkan generasi yang berdaya guna. Pendidikan akhlak harus sudah ditanamkan sejak usia dini, karena pada masa ini anak memiliki kemampuan lebih besar untuk mampu menyerap stimulus yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian tentang pola pendidikan keluarga dalam pembentukan akhlak anak yang diperoleh adalah orang tua telah memberikan pendidikan berupa nilai nilai moral dan agama, pemberian contoh perilaku dan tutur kata yang baik, melakukan pembiasaan bersama anak, sebagian orang tua juga memberikan sanksi, yaitu berupa hukuman ringan yang membuat efek jera kepada anak. Selain pendidikan dalam keluarga, faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan akhlak adalah faktor lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dari hasil wawancara bersama orang tua bahwa untuk meningkatkan akhlak yang dimiliki oleh anak yang ada di TK Averroes orang tua harus mempunyai cara seperti menanamkan iman kepada Allah Swt dan memberikan contoh sikap tauladan serta membiasakan anak untuk melakukan hal yang positif. Dari pola pendidikan keluarga yang telah di dapatkan tentu mempunyai manfaat seperti anak disiplin baik itu dalam waktu, anak juga mempunyai tanggung jawab yang tinggi atas keputusan yang akan diambil, anak akan menerima dengan lapang dada mengenai kritikan yang di dapatkannya, anak juga akan lebih menghargai orang serta tidak membeda-bedakan dalam sosial, ras ataupun bentuknya, anak dapat berpikir kreatif, inovatif sesuai dengan kemamuan anaknya, anak dan orang tua mempunyai interaksi yang cukup baik sehingga adanya kedekatan antara orang tua dan anak. Kata kunci : Pendidikan keluarga, Akhlak, Anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39574 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |