FAISYAROH, ANNA (2025) DAMPAK INTENSITAS PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DAN MORALITAS SISWA SMK NEGERI 2 KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU PROVINSI RIAU. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300314_fullpdf.pdf Download (944kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300314_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
Abstract
TikTok, sebagai salah satu platform media sosial yang paling populer, memiliki dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan penggunanya, termasuk siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Penggunaan TikTok yang intensif di kalangan siswa dapat memengaruhi waktu belajar, motivasi akademik, serta perkembangan nilai-nilai moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan TikTok terhadap pembelajaran dan perkembangan moral siswa di SMK Negeri 2 Kepenuhan. Penggunaan media sosial tiktok tersebut sudah melewati batas hingga dapat mengakibatkan degradasi moral remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak intensitas penggunaanTiktok terhadap pembelajaran dan moralitas siswa SMK Negeri 2 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Metode dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 2 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau pengguna aplikasi tiktok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non-partisipatif, wawancara terencana-tidak terstruktur. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, penggunaan media sosial tiktok oleh peserta didik SMK Negeri 2 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau mencapai 5-7 jam perhari. Jenis konten tiktok yang disukai diantaranya tentang fashion atau busana, skin care atau produk perawatan kulit, dance challenge atau tantangan untuk melakukan gerakan tarian pada aplikasi tiktok dan edukasi. Selain melihat konten tiktok, peserta didik SMK Negeri 2 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau juga ikut serta mengunggah konten tiktok ke dalam akun tiktok miliknya hingga 3-4 video perminggu. Motif penggunaan media sosial tiktok yaitu sebagai sarana hiburan, menambah wawasan, adanya fitur menarik dalam aplikasi tiktok dan mengikuti tren. Dampak penggunaan media sosial tiktok terhadap moral peserta didik SMK Negeri 2 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau ada dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu terdapat beberapa peserta didik SMK Negeri 2 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau yang memiliki moral yang cukup baik dikarenakan sering menonton konten/video ceramah pada aplikasi tiktok. Adapun dampak negatifnya diantaranya berkurangnya rasa malu, cenderung bersifat individualis, bersikap tidak peduli dan cuek dengan orang lain serta sering berkata kasar dalam kehidupan sehari-harinya. Kata Kunci: TikTok, Perkembangan Moral, Pengaruh Media Sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |