PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KARTU KATA DALAM MEMPRAKTIKKAN HUKUM BACAAN AYAT-AYAT ALQURAN

Sitakar, Syamsul (2025) PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KARTU KATA DALAM MEMPRAKTIKKAN HUKUM BACAAN AYAT-AYAT ALQURAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300304_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300304_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini guna perbaikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMKN 1 Kota Medan telah dilakukan untuk mencapai tujuan: (1) melakukan perbaikan perilaku belajar peserta didik dalam belajar kelompok; (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Agama Islam; (3) menumbuhkan respon positif peserta didik terhadap penerapan pembelajaran demonstrasi-kartu kata pada pembelajaran Alquran di kelas XII MPLB 1 SMKN 1 Kota Medan. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 1-22 November 2024. Lokasi penelitian adalah adalah SMKN 1 Kota Medan Jl. Sindoro no 1 Kota Medan. Subjek penelitian adalah 29 orang peserta didik kelas XII MPLB 1 SMKN 1 Kota Medan. Tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 1 (satu) kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran didesain dengan model pembelajaran diskusi demonstrasi-kartu kata. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung terhadap parameter keaktifan peserta didik dalam berdiskusi demonstrasi, teknik tes dilakukan untuk mengumpulkan data peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif dan kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data respon peserta didik terhadap model pembelajaran demonstrasi-kartu kata yang diterapkan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik deskriktif dan data kualitatif dengan analisis rekaman pembelajaran. Hasil analisis diperoleh (1) keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran diskusi demonstrasi menggunakan kartu kata menunjukkan peserta didik telah melakukan pengalaman belajar diskusi kelompok dengan kecenderungan peningkatan keaktifan peserta didik dari suklus I, II, dan III. (2) ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan yakni: pada siklus I= 31.034483%, siklus II= 58,62062%, dan siklus III= 93.103448% dan (3) peserta didik merespon sangat positif dalam mengikuti pembelajaran metode demonstrasi-kartu kata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 May 2025 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39568

Actions (login required)

View Item View Item