STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK INKLUSIF (SLOW LEARNER) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 MERANGIN JAMBI

TABRI, MUHAMAD (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK INKLUSIF (SLOW LEARNER) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 MERANGIN JAMBI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300293_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300293_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik inklusif, khususnya siswa slow learner, di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Merangin Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan dan faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan penelitian kualitatif, melibatkan wawancara dengan wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam terkait hal yang sama dalam peneraparan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik inklusif (slow learner), di lanjutkan dengan wawancara terkait dengan pelatihan dan pengembangan profesional guru, kemudian peneliti melakukan observasi terhadap proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi telah meningkatkan pemahaman siswa slow learner dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Kontribusi penelitian ini terhadap pengembangan strategi pembelajaran inklusif secara spesifik meliputi 1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi 2) Peningkatan kualitas pembelajaran 3) Pelatihan guru 4) Dukungan Kebijakan sekolah 5) Keterlibatan orang tua. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan guru, dukungan fasilitas, dan keterlibatan orang tua dalam keberhasilan strategi pembelajaran berdiferensiasi, sehingga siswa inklusif dapat belajar sesuai dengan kemampuan mereka dan meraih keberhasilan dalam pendidikan agama Islam. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Berdiferensiasi, Peserta Didik Inklusif (Slow Learner)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2025 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39564

Actions (login required)

View Item View Item