PERAN GURU MAHFUDZOT DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-INAAYAH RAWAKALONG

NOOR, SUMAYYA (2025) PERAN GURU MAHFUDZOT DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-INAAYAH RAWAKALONG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300275_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300275_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah elemen penting dalam mengembangkan kepribadian santri di Pondok Pesantren Al-Inaayah Rawakalong. Studi ini menekankan pentingnya peran guru dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam, yang menjadi dasar pendidikan pesantren. Studi ini bertujuan untuk meneliti fungsi guru Mahfudzot dalam pengembangan pendidikan karakter bagi siswa di Pondok Pesantren Al-Inaayah di Rawakalong. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan taktik dan nilai-nilai pendidikan karakter yang diperoleh siswa Pondok Pesantren Al-Inaayah Rawakalong melalui pelajaran Mahfudzot yang diajarkan oleh para pengajar Mahfudzot. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik deskriptif. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Al-Inaayah Rawakalong, dengan sumber data yang terdiri dari pengajar mahfudzot, pimpinan pesantren, dan santri. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis melibatkan reduksi data, presentasi data, dan formulasi kesimpulan tematik. Validasi data ditingkatkan dengan triangulasi sumber dan teknik untuk mengonfirmasi kebenaran temuan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru Mahfudzot di Pondok Pesantren Al-Inaayah berkontribusi pada pendidikan karakter dengan berperan sebagai fasilitator, teladan, dan motivator bagi para santri. Teknik guru Mahfudzot dalam menyampaikan prinsip-prinsip pendidikan karakter meliputi menunjukkan perilaku teladan dan memberikan penjelasan kontekstual, yang mencakup menjelaskan pentingnya Mahfudzot, terlibat dalam percakapan dan refleksi, serta menyajikan studi kasus kehidupan nyata. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diperoleh oleh para santri Pondok Pesantren Al-Inaayah melalui pelajaran Mahfudzot termasuk karakter religius, toleransi, tanggung jawab, kesopanan, kesabaran, rasa ingin tahu, dan amal. Studi Mahfudzot mempengaruhi lingkungan pendidikan siswa, yaitu meningkatkan semangat, keseriusan, disiplin, manajemen waktu, perbaikan diri, dan penghematan mereka, sehingga membentuk individu yang memiliki integritas tinggi. Kata Kunci: Guru Mahfudzot, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Mahfudzot

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2025 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39557

Actions (login required)

View Item View Item