KETELADANAN GURU DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH

SULISTIYO, SULISTIYO (2025) KETELADANAN GURU DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300274_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300274_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keteladanan guru di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, bentuk keteladanan guru dalam mendukung keberhasilan pendidikan santri, keberhasilan pendidikan santri (prestasi akademik), serta strategi guru dalam memperkuat peran keteladanan guna meningkatkan keberhasilan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian mencakup guru, pengasuh, dan santri kelas 11 dan 12 di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru diwujudkan melalui contoh nyata dalam disiplin, sikap sopan, tanggung jawab, dan perilaku Islami, baik di dalam maupun luar kelas. Bentuk keteladanan meliputi pemberian contoh perilaku, etika profesional, komitmen terhadap pembelajaran, empati, dan pengembangan diri. Keberhasilan pendidikan santri terlihat dari prestasi dalam lomba pidato bahasa asing, olimpiade sains nasional, hafalan Al-Qur'an, serta keterimaan di perguruan tinggi nasional dan internasional. Strategi guru mencakup pendekatan persuasif, mentoring, penghargaan, motivasi, hubungan akrab dengan santri, serta evaluasi berkala. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penguatan keteladanan dalam lingkungan pendidikan untuk mendukung pembentukan karakter Islami dan keberhasilan akademik santri. Aplikasi hasil penelitian ini dapat diterapkan melalui program pelatihan guru, pembinaan santri, dan kolaborasi antarunit di pesantren untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif. Kata kunci: Keteladanan Guru, Keberhasilan Pendidikan, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2025 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39555

Actions (login required)

View Item View Item