STRATEGI PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DI SEKOLAH MIS AL-KHAIRAAT SAKITA

BACO, RISNA (2025) STRATEGI PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DI SEKOLAH MIS AL-KHAIRAAT SAKITA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300272_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300272_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)

Abstract

Proses pembelajaran kosakata bahasa Arab di MIS Al-Khairat Sakita berlangsung dengan menggunakan metode hafalan kosakata dan metode permainan tebak gambar. Penerapan metode ini belum menunjukkan hasil yang maksimal dan masih kurang efektif, karena pada saat pembelajaran berlangsung siswa kurang semangat dalam belajar. Sehingga siswa kurang dalam menguasai dan memahami kosakata bahasa Arab yang telah diberikan oleh guru dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab melalui penerapan metode permainan edukatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpluan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Pengajar Bahasa Arab, Guru Pengajar Bahasa Indonesia, dan Siswa kelas 4 sampai kelas 6 MIS Al-Khairaat Sakita. Hasil penelitian ini adalah: penggunaan strategi pembelajaran kosakata Bahasa Arab melalui metode permainan edukatif (permainan menggunakan media edukasi konvensional), terdiri dari : pertama, permainan tebak gambar yang dilakukan secara berkelompok, guru menunjukkan gambar dan siswa menjawabnya dengan bahasa Arab. Kedua, permainan menyusun kata dilakukan secara berkelompok, guru memberikan soal yang dibuat secara acak dan siswa harus menyusunnya hingga menjadi satu kata yang benar. Ketiga, permainan berburu kata yang dilakukan secara berkelompok, dan siswa diminta untuk menemukan kosakata yang tepat dari kotak berisikan huruf-huruf hijaiyyah. Keempat, permainan komunikata dilakukan secara individu. Siswa harus menjawab kosakata yang diberikan dengan baik dan benar berdasarkan huruf akhir yang sesuai dengan kosakata sebelumnya. Strategi pembelajaran melalui metode permainan edukatif ini terbukti efektif dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa di MIS Al-Khairaat Sakita. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah siswa yang mampu menjawab pertanyaan atau menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru dengan baik dan benar. Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Permainan Edukatif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39550

Actions (login required)

View Item View Item