Danisha, Poetri (2025) IMPLEMENTASI SISTEM POIN PELANGGARAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300271_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300271_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kurangnya standarisasi dalam pemberian sanksi terhadap pelanggaran santri sering kali menjadi kendala dalam penegakan kedisiplinan di pesantren. Ketidakkonsistenan ini tidak hanya menciptakan potensi ketidakadilan, tetapi juga menghambat efektivitas pembentukan karakter santri. Di sisi lain, pemberian sanksi seperti hukuman fisik atau teguran verbal, kerap dianggap kurang edukatif dan berisiko menimbulkan dampak negatif, seperti penurunan motivasi, resistensi terhadap aturan, hingga kasus bullying. Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta berupaya mengatasi timbulnya persoalan-persoalan tersebut dengan menerapkan sistem poin pelanggaran terhadap santri yang melanggar tata tertib sebagai alternatif yang lebih adil dan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem poin pelanggaran dalam meningkatkan kedisiplinan di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpluan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, focus group discussion atau diskusi kelompok terarah dan dokumentasi. Adapun informan penelitian ini adalah Pengasuhan santri, Komisi Disiplin Santri, Keamanan OSDN dan santri kelas 2 sampai 5 TMI Darunnajah. Adapun hasil penelitian ini adalah: Implementasi sistem poin pelanggaran di Pondok Pesantren Darunnajah mampu meningkatkan kedisiplinan para santri nya. Pengurangan poin serta pemberian hukuman terhadap santri yang melanggar menjadikan santri lebih taat terhadap peraturan pondok. Dan adanya sistem ini menjadi standarisasi yang memberi keadilan dan transparansi terhadap penanganan pelanggaran di pesantren. Faktor pendukung implementasi sistem poin di Pesantren Darunnajah adalah dukungan penuh dari asatidz, murabbiyah dan kyai, yang terwujud melalui taujihat rutin dan pengawasan yang penuh perhatian, serta keberadaan layanan teknologi yang memadai. Namun ditemukan pula faktor yang menghambat implementasi poin pelanggaran tersebut, yaitu kurangnya konsistensi para pengurus dalam melakukan pengawasan maupun perekapan data. Penerapan sistem poin ini berdampak positif terhadap pembentukan karakter santri, dimana santri menjadi lebih taat terhadap peraturan dan tertib dalam menjalankan kewajiban di pesantren. Kata Kunci: Sistem Poin, Kedisiplinan, Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |