PENGARUH TERAPI TEHNIK HIPNOTIS LIMA JARI TERHADAP TINGKAT STRES PADA SISWA-SISWI SMA

Hadinigrum, Laura (2025) PENGARUH TERAPI TEHNIK HIPNOTIS LIMA JARI TERHADAP TINGKAT STRES PADA SISWA-SISWI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100118_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100118_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Latar Belakang: Masa remaja merupakan periode peralihan perkembangan yang melibatkan perubahan fisik, biologis,sosio-emosional, dan kognitif. Proses peralihan ini sering kali menimbulkan stres akademik. Sehingga diperlukan terapi tehnik hipnotis lima jari untuk membantu siswa-siswi SMA mengelola stres secara efektif. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen pre-post test. Dengan 40 responden, terdiri dari 20 kelompok intervensi dan 20 kelompok kontrol. Menggunakan teknik consecutive sampling. Data dianalisis dengan uji marginal homogeneity dan uji mann-whitney. Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan melibatkan 40 siswa – siswi SMA yang memiliki tingkat stres sedang – berat, analisis statistik menggunakan uji marginal homogeneity mengungkapkan adanya pengaruh tehnik hipnotis lima jari pada tingkat stres siswa-siswi SMA pada kelompok perlakuan, p-value 0,001 yang berarti ada perbedaan tingkat stres pada siswa-siswi SMA antara sebelum dan setelah pemberian tehnik hipnotis lima jari. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pemberian tehnik hipnotis lima jari dengan tingkat stres Kata Kunci: Tingkat stres, Hipnotis lima jari, Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2025 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39531

Actions (login required)

View Item View Item