NASIRIN, NASIRIN (2025) PERAN KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SANTRI DI MTS DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300263_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300263_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
Abstract
Komunikasi efektif dalam proses pembelajaran memiliki peran strategis dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, khususnya di lembaga pendidikan berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan partisipasi belajar santri di MTs Darunnajah Jakarta. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara mendalam untuk mendapatkan hasil yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi efektif guru berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan santri. Guru yang mampu membangun hubungan emosional yang positif, menyampaikan materi secara jelas, dan menggunakan metode komunikasi yang bervariasi terbukti menciptakan suasana pembelajaran yang inklusif. Bentuk-bentuk partisipasi santri yang meningkat meliputi aktif dalam diskusi kelas, bertanya atau memberikan pendapat, serta partisipasi dalam kegiatan kelompok dan tugas mandiri. Selain itu, ditemukan beberapa faktor pendukung, seperti lingkungan belajar yang kondusif dan dukungan fasilitas modern, serta tantangan seperti perbedaan karakteristik santri dan keterbatasan waktu pengajaran. Strategi komunikasi yang efektif, seperti pendekatan personal, pemanfaatan teknologi, dan pemberian umpan balik yang konstruktif, menjadi solusi utama dalam meningkatkan partisipasi belajar santri. Penelitian ini menegaskan pentingnya komunikasi efektif sebagai sarana membangun hubungan harmonis antara guru dan santri, sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi komunikasi guru harus menjadi prioritas utama dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berdaya saing. Kata Kunci: Komunikasi Efektif, Partisipasi Belajar, Guru, MTs Darunnajah Jakarta
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |