CHIRZIN, MUSTOFA HADI (2025) MODEL KEPEMIMIMPINAN KH. MAHRUS AMIN DAN KONTRIBUSINYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300262_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300262_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya Model kepemimpinan dalam membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model kepemimpinan KH. Mahrus Amin dan Kontribusinya di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta dalam membentuk karakter santri melalui penerapan nilai-nilai Panca Jiwa: keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah Islamiah, dan kebebasan yang bertanggung jawab. Kepemimpinan beliau menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembentukan karakter santri yang mandiri, berintegritas, dan berakhlak mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola implementasi nilai-nilai Panca Jiwa dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan KH. Mahrus Amin berhasil membentuk karakter santri yang religius, mandiri, dan berintegritas. Pendekatan beliau meliputi musyawarah, keteladanan, pendidikan nilai, dan pendekatan personal. Nilai-nilai seperti keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah Islamiah, tanggung jawab, kejujuran, dan disiplin diterapkan melalui ceramah, pembiasaan, dan praktik sehari-hari, menciptakan santri yang unggul secara moral dan spiritual. Strategi ini tidak hanya meningkatkan keberhasilan akademik, tetapi juga membentuk pribadi santri yang siap berkontribusi positif di masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pemimpin lembaga pendidikan Islam untuk mengadopsi pendekatan holistik dalam membentuk karakter santri. Aplikasi dari temuan ini dapat menjadi model kepemimpinan bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dan moral dalam sistem pendidikan mereka. Kata Kunci: Kepemimpinan, KH. Mahrus Amin, Panca Jiwa, Karakter Santri, Pondok Pesantren Darunnajah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |